Wednesday, September 14, 2011

Batu Kecubung

Batu kecubung atau ametist merupakan jenis batuan mineral kuarsa. Batu kecubung merupakan batu lahir bagi seseorang yang lahir di bulan Februari. Batu kecubung biasanya berwarna ungu sampai merah muda. Dalam sejarah, ungu merupakan warna yang digunakan oleh raja, ratu, dan anggota keluarga kerajaan lain. Karena itulah, para penguasa sering memiliki berlian yang terbuat dari batu kecubung.
Umum
Kategori Varietas mineral
Rumus kimia Silika (silikon dioksida, SiO2)
Identifikasi
Warna lembayung
Sifat kristal prisma segienam dalam piramida segienam (khas)
Sistem kristal rhombohedral kelas 32
Pengembaran kristal hukum Dauphine, hukum Brasil, dan hukum Jepang
Bersihan Tidak ada
Fraktur Konkoid
Skala Mohs kekerasan 7–lebih rendah dalam varian tak murni
Kilauan Seperti kaca/mengkilap
Indeks bias nω = 1,543–1,553 nε = 1,552–1,554
Sifat optik Uniaksial (+) (Positif)
Bias-ganda +0,009 (interval B-G)
Pleokroisme Tidak ada
Cerat Putih
densitas relatif 2,65 konstan; bervariasi pada varian tak murni
Titik lebur 1650±75 °C
Kelarutan tidak larut H2O
Diafaneitas Transparan hingga translusen
Karakteristik lain Piezoelektrik
Kecubung atau juga dikenal dengan nama Amethyst adalah sebuah batu permata berwarna ungu yang sangat bagus. Variasi warna dari Kecubung adalah ungu, lilla, lembayung muda. Kualitas yang terbaik adalah yang terlihat transparan/tembus pandang. Kadang Kecubung berkualitas rendah yang telah melalui proses pemanasan, diakui dan dijual sebagai Citrine. Batu perhiasan ini sering diberikan sebagai simbol dari ketulusan hati, rasa nyaman dan kedamaian hati.
Kecubung adalah batu perhiasan yang mempunyai mempunyai skala kekerasan Mohs 7 (Termasuk Batu Mulia Tanggung).
Warna ungu adalah warna tradisi kerajaan, sehingga, batuan kecubung, si ungu kerajaan, telah digunakan dan digemari dari sejak tercatatnya ’tentang kerajaan’ pada pustaka sejarah bumi.
Warna ungu di kerajaan-kerajaan, banyak diwujudkan lewat pemanfaatan batuan kecubung si ungu kerajaan, dalam berbagai desain indah serta perhiasan yang sangat indah, menjadi simbol dari kekayaan serta kekuatan monarkhi dan pengendalian hukum.
Salah satu mahkota kerajaan inggris, menggunakan butir-butir batuan kecubung pilihan yang sangat indah, dan juga merupakan batu perhiasan yang sangat digemari kerajaan Mesir / Egypt. Banyak kerajaan-kerajaan dengan karya seni nya yang tinggi, menggunakan batu kecubung sebagai pilihan.
Abad sekarang ini , kecubung (amethyst) tetaplah merupakan batuan yang indah dan untunglah, cukup mudah ditemukan dengan harga terjangkau untuk dimiliki.
Batuan kecubung aseli, dengan berbagai variasi warna ungu (dari ungu muda hingga ungu tua), dalam berbagai variasi potongan (cutting) yang indah, atau bongkahan yang mempesona, dapat ditemukan dipasaran, untuk dimiliki atau dikagumi. Bongkah batuan kecubung yang memiliki kharisma, keindahan maupun nilai seni yang khas, banyak dimiliki oleh kolektor, penggemar, pencinta seni, maupun museum-museum yang mengkoleksi benda sejarah serta benda seni.
Ragam dasar batuan kecubung
Variety of Quartz, SiO2
· Jenis batuan Quartz
· Ubsur kimia : SiO2
· Dipergunakan : batu perhiasan dan batu ornamen
· Warna : ungu, bervariasi dari ungu muda hingga ungu tua (gelap)
· Index refraksi : 1.544 - 1.553
· Kekerasan : 7
· Sistim kristal : trigonal

No comments:

Post a Comment

Post a Comment